Tulisan DR Tan

Tulisan DR Tan

Hujatan Dr Tan Sot Yen, dokter nyentrik yang gemar menghujat pasien pasiennya dengan kata sarkasme.

 

👉Artikel yg menampar pencinta dan pemburu kuliner termasuk saya 😔😩😭

=============

 

*TIAP hari KITA makan SAMPAH…

 

Apa ada yg lebih penting dari *KESEHATAN?

 

👉Dr Tan : ” Itu kenapa badanmu, gembrot begitu ? ”

 

Pasien : Karena pola makan yg salah, dok

 

👉Dr Tan : Udah tau salah kenapa gak usaha diperbaiki ?

 

Pasien : Susah dok, saya sulit menolak setiap kali diajak makan sama teman.

 

👉Dr Tan : Temanmu suka kalo kamu gendut jelek dan mereka gak perduli.

 

👉Dr Tan : Kamu tau kenapa perutmu semakin membesar ?

 

Pasien : Banyak makan nasi, camilan, gorengan dll

 

👉Dr Tan : Karbohidrat itu untuk anak2 yg dlm masa pertumbuhan, Bukan utk org dewasa spt kamu, Jangan heran badanmu MELAR..GENDUT .

Kamu gak bakal mati sih, paling2 cuma stroke, trus kalo pembuluh darah jantungmu tersumbat, juga gak mati,

karena dokter bisa pasang ring.

Tapi Hidupmu bakal menyusahkan banyak orang.

 

Pasien : Iya Dok.

 

👉Dr Tan : lihat tuh *ukuran perutmu*,

itu bukti Kongkrit,

Pola Makanmu ngawur. Memasukkan makanan cuma karena kamu *SUKA* bukan apa yg *DIBUTUHKAN* tubuh !

 

*KENAPA sekarang MASYARAKAT kita DIKELILING PENYAKIT ?*

 

Karena *MAKAN* menjadi sebuah *REKREASI*

 

Lihat saja setiap kali ada perayaan apa pun,

Pasti ada makanan di sana dan setiap kali ada makanan enak,

pasti diburu para penggila kuliner.

 

Padahal taukah kita 85% penyakit itu berasal dari *MAKANAN yg MASUK KE PERUT* dan kabar buruknya hampir semua *MAKANAN ENAK BIASANYA 90 % GAK SEHAT*

 

Nah lho kok bisa begono dan begini… Karena makanan *ENAK* itu *TERLALU BANYAK* penyedap *RASA* dan *LIDAH* kita dicekoki makanan enak dgn 1000 rasa sampai akhirnya menjadi *ADDICTED,* kecanduannya gak beda dengan perokok, obat2 sedatif atau apapun yg membuat kita jadi sulit melepaskan dgn  alasan *ENAK SIH*.

 

Lidah dan mulut  terus menuntut semua yang masuk, harus banyak penyedap rasa, makanan sedikit rasa AKAN  ditinggalkan.

 

Kalo ada yang bilang minuman juice kalengan itu sehat, itu pasti sesat dan kesasar….

 

_👉Berbagai Makanan Olahan mulai dari sosis, tepung ikan, serbuk berserat dll, semuanya cuma bualan produsen dan  iklan yg terus saja membodohi kita_..

 

Perusahaan herbal ramai ramai menjual PIL sakti, ramuan, vitamin2 berbagai penemuan alat yg bisa menyembunyikan semua sakit, tumbuh subur spt kecambah pada musim hujan.

 

Opor Ayam yg dimasak berulang ulang,

akan membuat makanan semakin nikmat,

 

Begitu pula rendang yang dimasak berulang ulang kaldunya akan semakin menggila. …

 

Padahal semuanya akan masuk menjadi rantai lemak jenuh yg nantinya akan membuat darah lebih kental, menyumbati pembuluh darah di jantung dan meracuni otak,..

 

Maka SIAP2 saja Stroke,

Jantung Koroner, Kencing manis,

Fatty Liver dll …

*PASTI*!!

Lambat atau cepat…akan *DATANG*..catat ya *PASTI*!

 

Tapi atas nama kemajuan tehnologi orang akan berdalih, Kan ada *OBAT* dan bisa pasang *RING* kalo jantung tersumbat.

 

Itulah kenapa produsen makanan instant dan industri obat menjadi simbiosis mutualisme sampai kapan pun,

ini masalah

Supply and Demand.

 

*MAU SEHAT ITU PERLU PERJUANGAN KERAS*…BUKAN jatuh dari langit!

 

Saya SUKA sekali mengamati Perilaku orang saat di pesta,

melihat bagaimana para orang2 yg berusia lanjut dgn perut2 buncit menyikat SEMUA makanan dgn membawa sepiring penuh berbagai rupa…..

 

Mereka berebut makanan….

Basic Insting  takut kehabisan.

 

Tanpa sadar sebetulnya mereka SEDANG memasukkan Banyak *BANGKAI* ke dalam perut dlm jumlah berlebih, bukan sekedar mencicipi tapi menggilai.

Mereka berlomba bin berkompetisi utk itu.🤔

 

Tubuh diciptakan bukan dari simplicity of mind.

 

Serbuan makanan instant, makanan lezat,

makanan kaleng gak bisa lagi kita cegah atau kita bendung.

 

Kita seolah gak punya daya… dicekoki iklan makanan instant yg katanya menyehatkan.

 

Sebetulnya *TUBUH* punya *HAK* untuk melakukan segala keruwetan atas Alasan *SEHAT*

 

Tak bisa lagi atas alasan instant dan kepraktisan menjadikan

*TUBUH DIRACUNI* dengan iming2 *ENAK*

 

Org yg memilih *SEHAT* akan mampu melakukan perjuangan yg keras :

 

👉1. Bagaimana Lidah harus belajar menolak *MAKANAN ENAK* yang kerap kali memperkosa mata utk terus menatap.

 

Perut gak bisa  disamakan dgn tembolok,

tempat menyimpan semua Bangkai/ SAMPAH binatang yg dilumuri ANEKA penyedap.

 

_👉2. Kita harus berani MENOLAK ajakan Teman untuk menjadikan makan sbg sarana rekreasi. Karena hakekat makan harusnya utk *SEHAT* bukan cuma kenyang_.

 

_👉3. Mulai Memaksa perut untuk_ _Memusuhi Karbohidrat_

_(Nasi, Tepung dan makanan olahan),_

_karena semuanya akan jadi bahan penyakit,_

_ini susahnya luar biasa_

 

_👉4. Memaksa Tubuh untuk terus bergerak,_

_berjalan, berlari bukan CUMA diam… duduk trus ketiduran…._

 

_👉5. Jangan lagi menyandarkan *SEHAT* kepada Obat dan *RUMAH SAKIT* Tapi ambil menjadi sebuah tanggung jawab pribadi._

 

Ingat kita bukan bekerja keras untuk memperkaya  rumah sakit 😂😂

 

Tidak ada *KELUHAN* bukan berarti anda *SEHAT*

 

Ingat Mati itu BUKAN urusan kita,

tapi sebenarnya *SAKIT* itu, kita yg BIKIN dan design sendiri…

 

*👉TUBUH punya HAK untuk SEHAT dan KEWAJIBAN KITA UNTUK tidak TERUS MEMASUKKAN sampah KE DALAM PERUT cuma KARENA alasan  ENAK.*

perhatikanlah baik2.

 

Ingat sakit Bukan juga soal Pribadi,

tapi anda akan banyak merepotkan orang2.

 

Itu Egoisme yang akan diperlihatkan kepada anak cucumu … Astaghfirulloh 😭😩😔