Telinga Tinitus

Telinga Tinitus

Apakah yang di maksud dengan Telinga Tinitus

Telinga Tinitus merupakan suara berdenging, mendesis, berdengung, atau lainnya yang terdengar pada telinga atau kepala. Suara yang terdengar begitu nyata dan serasa berasal dari dalam telinga atau kepala. Pada sebagian besar kasus, gangguan ini tidak begitu masalah, namun bila terjadinya makin sering dan berat maka akan mengganggu juga. Uniknya, suara yang terdengar oleh pasien tidak akan terdengar oleh orang lain.

 

Telinga Tinitus bukan merupakan suatu penyakit melainkan sebuah gejala dari suatu penyakit atau kondisi tertentu. Menurut catatan ahli di bidang tinitus di amerika, hampir 36 juta penduduk amerika mengalami gejala ini dalam hidupnya. Hanya sebagian kecil dari jumlah itu yang memeriksakan diri ke klinik-klinik kesehatan terdekat.

 

Apakah yang menyebabkan Telinga Tinitus ?

Tinitus dapat berasal dari empat bagian telinga, yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah, telinga bagian dalam, dan otak sebagai pusat pendengaran. Pada beberapa kasus, tinitus merupakan sesuatu yang normal alias tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Pada keadaan normal,  tubuh memang akan mengeluarkan suara-suara aneh akibat proses yang terjadi di dalam tubuh.  Kita tidak awas akan suara ini dikarenakan suara yang terdengar lebih kecil dari suara di luar tubuh.  Jika pada suatu kondisi suara di luar tubuh tidak ada maka baru akan terdengar suara yang berasal dari dalam tubuh.

Penyebab lain dari telinga tinitus adalah gangguan keseimbangan cairan dalam telinga,  infeksi,  atau penyakit yang menyerang tulang-tulang pendengaran dan gendang telinga.

Penyebab paling sering dari tinitus abnormal adalah rusaknya ujung syaraf pada telinga bagian dalam.  Bertambah nya usia merupakan faktor penting yang menjadi sebab rusak nya susunan saraf dalam telinga.  Akhir-akhir ini,  suara yang terlampau keras atau bising juga sering menyebabkan terjadi nya tinitus di samping akan mengganggu fungsi pendengaran secara keseluruhan.  Sayangnya,  banyak diantara kita tidak terlalu ambil pusing terhadap paparan suara keras yang berasal dari suara musik,  senjata api,  dan lain lain.

Beberapa obat, seperti aspirin dan penyakit telinga bagian tengah juga bisa menyebabkan terjadinya tinitus.

Bagaimana cara mengdiagnosis telinga tinitus ?

Wawancara mengenai riwayat penyakit sebelumnya,  pemeriksaan fisik,  dan serangkaian test dapat membantu para dokter dalam menegakkan diagnosis telinga tinitus.  Data ini dapat dipakai oleh dokter untuk menentukan kualitas dan kuantitas dari tinitus. Bila ternyata penyebab tinitus belum diketahui,  pasien tersebut dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pendengaran atau audiogram.  Pola hilangnya fungsi pendengaran dari hasil pemeriksaan audiogram dapat dijadikan pegangan oleh dokter untuk menentukan penyebab telinga tinitus.

Pemeriksaan lain seperti auditory brainsteam response (ABR), CT Scan,  dan MRI masih sangat jarang dilakukan meskipun ada beberapa kasus dapat membantu menentukan penyebab tinitus. Mungkin karena pertimbangan biaya sehingga pemeriksaan ini tidak rutin dikerjakan.

Bagaimana mengobati telinga Tinitus  ?

Setelah dilakukan pemeriksaan yang teliti,  dokter akan dapat menentukan penyebab dari tinitus dan melakukan pengobatan terhadap penyebab itu.  Pada beberapa kasus,  penyebab tinitus tidak dapat diidentifikasi sehingga tidak mampu untuk diberikan pengobatan yang pas. Keadaan ini memaksa pasien yang mengalami tinitus sepanjang hidupnya.

Dapatkah Telinga Tinitus dicegah ?

Gunakanlah cotton bud yang ukuran kapasnya sesuai dengan diameter luang telingan anda.  Bundelan kapas yang terlalu besar akan mendorong kotoran telinga kebagian lebih dalam sehingga menempel pada gendang telinga.  Keadaan ini akan mendorong terjadi nya Tinitus.  Minumlah obat obatan sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Gunakan penutup telinga atau pelindung telinga bila anda terpaksa berada di lingkungan yang bising.

Dapatkah gejala telinga tinitus dikurangi  ?

Berikut beberapa hal yang dapat  anda lakukan untuk mengurangi gejala tinitus yang saat ini anda rasakan.

  • Hindari tempat – tempat yang bising.
  • Kendalikan tekanan darah.
  • Hindari makanan dan minuman yang menstimuli saraf, seperti kopi dan rokok.
  • Hindari stres.
  • Cobalah berhenti memikirkan tinitus yang anda derita.
  • Istirahat yang cukup.
  • Berolahraga teratur.
  • Hindari mengkonsumsi aspirin.

Cara efektif mengobatan sakit telinga tinitus.

Sakit telinga bisa menjadi hal yang cukup mengganggu.  Pasalnya,  I feksi jamur di telinga dapat menyebabkan rasa gatal dan sakit tak terhingga.  Ini terutama terjadi di daerah beriklim lembab.  Situs Times of India mengurutkan beberapa cara sederhana untuk mengatasi samit telinga.

Cara pertama adalah dengan meneteskan minya zaitun secukupnya ke bagian telinga yang sakit atau gatal.  Kemudian,  oleskan tetesan minyak tersebut dengan menggunakan kapas.  Lalu,  kompres bagian telinga yang sakit dan sekitarnya dengan air hangat.

Cara  berikutnya adalah dengan menghirup uap air rebusan yang telah ditetesi sedikit minyak kayu putih saat hampir mendidih.  Lakukan dengan cara ini tiga kali sehari.  Lanjutkan dengan mengoleskan bubuk bawang merah di bagian luar telinga.

Jangan meniup hidung anda atau langsung pakai obat oenghilang rasa sakit.  Hawa hangat yang ditiupkan dari pengering rambut dengan lembut kedalam telinga juga bisa membantu.  Kendati demikian,  konsultasi kan dulu dengan dokter anda untuk langkah ini.

Telinga Nyeri Waspadai Radang!

Telinga terasa nyeri saat dipegang perlu di waspadai, bisa saja itu merupakan gejala radang telinga.  Radang telinfa memang kadang disertai ciri ciri bengkak dan gangguan pendengaran pada bagian telinga dalam.

Gejala pada penyakit ini berbeda beda.  Radang telinga tengah dalam bahasa medisnya disebut  acute otitis media.  Penyakit itu merupakan infekso atau peradangan yang disebabkan virus maupun bakteri.

Penyebabnya akan mempengaruhi telinga bagian tengah dan ruang berisi udara dibelakang gendang telinga.  Penyebab radang telinga bisa diketahui berdasarkan gejala gejalanya.  Dua jenis radang telinga,  yakni otitis eksterna dan otitis media.

Gangguan yang menyerang bagian dalam telinga,  biasa terjadi pada anak anak.  Tetapi,  faktor kebersihan dan serangan bakteri maupun  irus yang ada tidak menutup kemungkinan penyakit akan menyerang orang dewasa.

Gejala gejala otitis eksterna,  yakni nyeri kecil dengan rasa panas seperti terbakar,  bengkak,  dan terasa buntu.  Sementara,  gejala paling umum pada otitis media,  gakni demam,  kehilangan kepekaan terhadap suara,  nyeri,  dan terasa tidak nyaman pada telinga.  Pada penderita anak anak,  jenis radang telinga juga akan disertai diare,  nafsu  makan berkurang,  dan rewel.

Karena berada di bagian dalam gendang telinga,  radang telinga menyebabkan rasa nyeri yang kuat.  Nyeri terjadi karena peradangan dan penumpukan cairan di dalam telinga bagian tengah.  Keluhan nya nyeri di telinga,  entah karena luka,  bengkak,  ataupun efek dari penyakit sekitar THT

Serangan bagian dalam telinga bisa terjadi akibat penyakit lain,  seperti influenza maupun demam.  Pada penderita influenza akut kadang kala terjadi pembengkakan pada saluran hidung,  tenggorokan,  dan tabung eustachius atau lubang hidung bagian belakang.

Radang yg banyak terjadi pada anak anak itu bisa diketahui dari beberapa ciri atau ecek yg di timbulkannya.  Efek tersebut misalnya anak susah tidur dan rewel,  kurang bisa mendengarkan saat diajak bicara,  merasa pusing,  sakit tenggorokan,  hingga nafsu makan menurun.

Ketika di periksakan ke dokter,  biasanya sakit nya sudah cukup parah.  Pertolongan pertama untuk pengobatan akan diberikan dengan meneteskan obat khusus dengan dosis tertentu.  Ada obat tertentu,  untuk anak anak maupun dewasa.  Obat cairan biasanya diteteskan sekaligus antibiotik.

Pengobatan selanjutnya disesuaikan dengan penyebab dari penyakit. Jika penyakit disebabkan bakteri atau virus,  dibutuhkan antibiotik guna membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan peradangan telinga.  Antibiotik yg diberikan pun harus disesuaikan dengan virus atau bakteri penyebab nya.

Berikut beberapa gejala radang telinga.

  • Sakit telinga, disebabkan ada nya tekanan dari cairan yang terkumpul di dalam telinga tengah pada gendang telinga.
  • Demam tinggi, kadang disertai diare.
  • Selera makan turun dan hilang, karena telinga nya sakit pada saat mengunyah dan menelan.
  • Keluar nya cairan dari lubang telinga yang menandai robeknya gendang telinga akibat tekanan cairan.
  • Peradangan umumnya juga disertai dengan demam, mual,  muntah dan sakit kepala.

Secara teori,  dalam penyembuhan dengan hijamah,  seseorang menderita penyakit telinga karena adanya timbunan oksidan didaerah saraf telinga,  ketika oksidan terkumpul di saraf telinga dalam waktu yang lama maka akan mengganggu kelancaran peredaran darah saraf telinga sehingga menjadikan autoimun di daerah telinga menurun.  Sehingga,  mudah terjadi peradangan telinga.  Dengan dikeluarkan nya oksidan yg terkumpul di daerah telinga,  keluhan pun bisa hilang.