Patah Tulang



Di Indonesia, banyak beredar pengobatan alternatif yang diklaim dapat menangani patah tulang. Meski begitu, Anda tetap disarankan untuk mengunjungi dokter ortopedi jika mengalami kondisi tersebut demi mendapat penanganan yang tepat.

Patah tulang (fraktur) terjadi ketika tulang dihantam oleh sesuatu yang kekuatannya melebihi kekuatan tulang itu sendiri. Sebagai contoh, patah tulang dapat terjadi ketika Anda terjatuh dari ketinggian tertentu, mengalami kecelakaan saat berkendara, cedera saat berolahraga, atau ketika tulang terhantam benda-benda keras. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh penyakit osteoporosis.

Mengalami Patah Tulang? Kunjungi Dokter Ortopedi - Alodokter

Rasa nyeri, terlihat adanya pembengkakan, memar, berdarah, atau ada bagian tulang yang menonjol di bawah kulit yang luka mungkin Anda alami ketika mengalami patah tulang.

Parah atau tidaknya patah tulang bergantung dari lokasi terjadinya patah tulang dan seberapa luas kerusakan tulang, serta jaringan yang ada di sekitarnya. Komplikasi dapat terjadi jika Anda mengalami patah tulang serius yang tidak mendapat penanganan yang tepat. Kemungkinan komplikasi seperti kerusakan pada pembuluh darah dan saraf, infeksi tulang, atau infeksi pada jaringan di sekitarnya.

Berikut beberapa contoh jenis patah tulang yang dapat diatasi oleh dokter ortopedi:

  • Fraktur sederhana. Kondisi ini terjadi ketika tulang Anda patah menjadi dua bagian.
  • Fraktur terbuka. Tulang terlihat menonjol keluar melalui kulit Anda.
  • Fraktur tertutup. Kulit Anda terlihat tidak sobek dan tidak ada tonjolan, tapi kondisi tulang di dalam rusak.
  • Fraktur kominutif. Tulang Anda patah menjadi setidaknya tiga bagian atau lebih (remuk).
  • Fraktur greenstick. Ketika satu sisi tulang patah, lalu sisi lainnya membengkok akibat menanggapi tekanan yang berlebih. Kondisi ini kerap terjadi pada anak-anak.
  • Fraktur oblig. Patah tulang yang melengkung atau miring.
  • Fraktur stres. Retak kecil dapat terjadi ketika tulang bekerja secara berlebihan atau melakukan gerakan yang sama secara terus-menerus. Kondisi ini biasa dialami oleh atlet.
  • Fraktur patologis. Tulang mengalami kerusakan akibat penyakit.

Cara Ortopedi Mengatasinya

Inti dari ortopedi yaitu mengembalikan tulang yang patah ke posisi semula dan mencegah tulang bergeser sebelum keadaannya pulih. Sebelum melakukan tindakan, dokter ortopedi akan bertanya mengenai kronologis kejadian yang Anda alami, riwayat kesehatan, serta gejala-gejala yang Anda rasakan. Kemudian dokter akan memeriksa kondisi tulang serta mengetahui jenis patah tulang yang Anda alami dengan sinar-X.

Berikut beberapa metode yang dipakai untuk mengatasi patah tulang:

Memasang gips. Ini adalah penanganan paling umum yang dipakai dalam mengatasi patah tulang. Sebelum memasang gips, dokter ortopedi akan memastikan tulang Anda sudah dalam keadaan sejajar. Jika belum sejajar saat dipasang gips, cedera tidak akan sembuh dengan benar.

Memakai sling atau perban khusus. Metode ini dipakai jika Anda mengalami patah tulang di area yang sulit dijangkau oleh gips. Contohnya patah tulang selangka. Sling ini akan membatasi gerakan Anda sehingga tulang yang bermasalah dapat tumbuh dan menyambung kembali.

Operasi. Jika tulang Anda telah hancur atau patah menjadi beberapa bagian, dokter mungkin akan melakukan operasi. Dokter akan menyambung tulang-tulang tersebut dengan memasang pen atau pelat khusus.

Proses penyembuhan bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu atau hitungan bulan. Itu semua tergantung dari jenis, keparahan patah tulang yang Anda alami, serta kepatuhan Anda dalam menjalani semua instruksi dari dokter.

Selama proses ini, kekuatan otot-otot Anda pada area yang cedera kemungkinan akan melemah. Untuk mengembalikan kekuatannya, Anda bisa melakukan olahraga tertentu yang disarankan oleh dokter ortopedi. Olahraga tersebut juga bisa membantu mengembalikan fleksibilitas persendian Anda.

Pertolongan pertama untuk tulang yang patah

Penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang harus dilakukan ketika Anda atau orang yang Anda cintai mengalami patah kaki di rumah. Ketika ada kecelakaan yang membutuhkan perhatian medis, panggil unit gawat darurat terdekat. Sementara Anda menunggu pertolongan medis, berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat dipraktekan:

Langkah 1.

Jangan bergerak kecuali jika diperlukan. Untuk mencegah cedera lebih lanjut, stabilkan daerah yang luka dengan tetap berdiam diri. Jangan memindahkan korban jika punggung atau lehernya terluka. Untuk menangani daerah luka, Anda dapat membuat bidai dengan melipat sepotong karton atau majalah dan dengan lembut tempatkan di bawah anggota badan. Kemudian ikat dengan hati-hati menggunakan potongan-potongan kain.

Langkah 2

Jika terjadi perdarahan, hentikan dengan membungkus daerah luka dengan perban secara erat atau kain steril. Terapkan tekanan pada luka.

Langkah 3

Jika orang yang terluka menunjukkan tanda-tanda syok, tutupi dia dengan selimut sementara kaki ditinggikan sekitar 30 cm. Tanda-tanda syok termasuk pusing, lemas, kulit pucat dan berkeringat, sesak napas, dan peningkatan denyut jantung.

Langkah 4

Untuk membantu mengurangi pembengkakan, Anda dapat menerapkan kompres es atau kompres dingin ke bagian tersebut. Namun, jangan letakkan es langsung pada kulit. Pertama-tama bungkus dalam handuk atau kain.

Langkah 5

Tunggu bantuan medis atau larikan ke rumah sakit.

Bagaimana dokter mengobati patah tulang?

Sebelum pengobatan, dokter akan mengonfirmasi patah tulang dengan melakukan tes berikut:

  • Pemeriksaan fisik
  • Sinar-X
  • Scan CT
  • Scan MRI.

Dokter Anda akan memastikan tulang berbaris dengan benar sebelum meletakkan gips di atasnya. Kadang-kadang diperlukan operasi untuk menempatkan batang logam atau pelat untuk menyatukan potongan tulang bersama-sama. Tergantung pada usia dan kondisi kesehatan Anda, tulang Anda mungkin membutuhkan waktu 6 sampai 8 minggu untuk sembuh.

Tips perawatan diri setelah patah tulang

Setelah operasi, dokter atau perawat akan memeriksa tanda-tanda infeksi atau kulit pucat. Anda mungkin diberikan penghilang rasa sakit untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Sampai gips dilepas, lebih baik Anda beristirahat dan menghindari mengangkat beban atau mengemudi. Jauhi panas dan hindari gips dari kena basahan.

Jika Anda harus memakai penopang, Anda harus belajar bagaimana menggunakan kruk Anda dengan benar. Jika Anda merasa gatal dari gips, jangan menusukkan apapun di antara gips dan anggota tubuh Anda. Sebaiknya, tiup udara dingin ke dalam gips untuk meringankan rasa gatal.

Jika Anda tidak tahu bagaimana mengobati patah tulang, Anda dapat menghubungi nomor darurat lokal dan meminta petunjuk. Ingatlah untuk tetap tenang dan tidak stres. Ide yang baik untuk menjaga orang yang terluka agar tetap sadar dan mengalihkan perhatian mereka dari rasa sakit dengan terus berbicara kepada mereka.

Tips Agar Patah Tulang Cepat Sembuh

 Bagikan

Patah tulang memang sangat berpotensi membuat seseorang terhalangi untuk melakukan kegiatan sehari-hari, apa lagi tulang yang patah itu merupakan tulang yang sangat berperan menopang tubuh misalnya tulang paha, kaki atau bahkan tulang belakang. Bisa lama sekali tidak bisa kemana-mana secara mandiri, sedangkan proses penyembuhan atau penyambungan tulang yang patah tersebut dapat memakan waktu mingguan, bulanan, atau bahkan bertahun-tahun tergantung pada tingkat keparahannya, jenis tulang serta jenis patah tulangnya (fraktur). Patah tulang dapat menyembuh dalam waktu yang singkat yakni sekitar tiga minggu untuk daerah seperti jari-jari kaki, sedangkan untuk paha bisa membutuhkan waktu selama 24 minggu.

Berikut cara cepat penyembuhan patah tulang:

  • Tingkat asupan kalsium
    Kalsium adalah nutrisi penting yang bertanggung jawab untuk menjaga tulang agar tetap sehat. Kalsium ini juga di serap oleh tubuh bersama dengan vitamin D. Peningkatan asupan kalsium akan membantu mempercepat pemulihan atau penyembuhan patah tulang. Kalsium ini bisa Anda dapatkan dalam produk susu, sayuran dan saat ini banyak tersedia dalam bentuk suplemen.
  • Minum teh
    Minum teh setidaknya 5 cangkir, khususnya teh hijau. Teh hijau kandungan anti-oksidannya yang tinggi, dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Teh hijau telah di gunakan di Cina selama berabad-abad karena memiliki sifat menyembuhkan, termasuk penyembuhan patah tulang.
  • Penijatan
    Pemijatan bermanfaat untuk membantu meningkatkan aliran darah dan sirkulasi ke seluruh tubuh. Jika Anda memijat jaringan lunak di sekitar tulang yang patah, ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah serta peningkatan aliran nutrisi yang akan membantu patah tulang sembuh lebih cepat. Tapi pemijatan harus ringan dan lembut jangan berpotensi menggeser tulang yang akan menyambung.
  • Terapi panas
    Pemanasan pada daerah tulang yang retak atau patah akan membantu meningkatkan aliran darah dan kemudian akan membantu dalam perbaikan tulang. Anda dapat melakukan dengan berbagai cara. Diantaranya bisa menggunakan handuk yang sudah di rendam dalam air panas kemudian di gunakan untuk kompres. Atau Anda bisa mandi air hangat. Lakukan tiga kali sehari selama 30 menit. Cara ini terutama untuk patah tulang yang tidak di sertai luka di sekitarnya, karena jika terdapat luka yang belum kering atau sembuh malah akan berpotensi menimbulkan infeksi.
  • Latihan
    Latihan berperan sangat penting dalam membantu memperkuat otot-otot di area yang terlibat. Latihan untuk patah tulang atau retak harus di lakukan dengan hati-hati dan harus di sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.
  • Berhenti merokok
    Perokok memiliki kepadatan mineral tulang yang kurang di bandingkan non-perokok. Studi ini juga menunjukan bahwa perokok memiliki waktu rata-rata penyembuhan lebih lama karena merokok dapat menggangu aliran darah.